CINTA INI UNTUK SIAPA?

img_20180923_224904_369

“Huuu, penat! Tak ada yang berubah…terus…terus…dan terus…, malam minggu ini sungguh menyakitkan batin gue banget dah, tak ada pesan romantis, atau sapaan manja dari seorang pengagum hati seperti halnya gadis-gadis kebanyakan..huuuhh…” Celoteh renyah gue diujung malam minggu yang kelabu. Perkenalkan gue Shasha, gadis misterius yang lahir dan besar di kota Bandung. Gue dan keluarga gue hidup serba berkecukupan, Ibu dan bapak gue adalah pribadi yang selalu sibuk dan dahaga dengan materi keduniawian. Ibu gue seorang sekretaris umum disalah satu perusahan raksasa di Jakarta. Sedangkan, Bapak gue menjabat sebagai wakil rakyat yang mewakili Partai Kenamaan Negeri ini. Konon katanya, bapak gue akan selalu hidup sejahtera dengan nominal Rupiah disetiap gajih per bulannya. Eia, gue mempunyai dua sahabat karib, Maya dan Lulu. Maya adalah sosok manja yang setiap harinya disibukan dengan kisah cintanya yang putus nyambung. Wajahnya yang rupawan ternyata tidak menjaminnya mendapatkan CINTA yang seutuhnya. Sedangkan, Lulu adalah gadis lugu dengan ribuan hapalan Hadist yang bersarang di otaknya. Kerudung syar’I yang selalu senada dengan gamis panjangnya, senantiasa memancarkan keteduhan dan menjaga setiap lekuk tubuhnya yang semampai. Di sekolah, Lulu menyandang wanita ter SOLEHAH versi gue dan Maya waktu itu.

“Sha, gue gak ngerti dengan pola pikir si Ardy, dia selalu maksa gue biar mengerti dia, tapi sebaliknya…eeehh malah dia kagak pernah mengerti gue”, curhat Maya si gadis rupawan yang tengah putus asa karena kisah cintanya. “Sha, gimana nih? Masa iya gue harus BREAK lagi sama si Ardy…Sha?” lanjut Maya menegaskan. “Shaaaaaa….”, bujuk si Maya lagi. “Aduh, May! Lu ribet ya…saban hari curhat lu Cuma seputar hubungan lu sama si Ardy…dan penyebabnya itu-itu juga…”, respon gue datar. “Iya Shaa…terus gue harus gimana???”, bujuk Maya lagi. “lu masih ingat pesan gue kemarin pas lu curhat tentang si Ardy kan?”, respon gue lagi. “Iya Sha, gue masih ingat banget…”, tembalnya. “Nah, itu jawaban gue May, percis kagak bakal beda…udah ah gak usah tanya gue lagi…kasus lu itu mulu…itu mulu…bosan gue…yang lain kek hahah”, jawab gue lagi sambil bercanda. “iiihh nyebelin ya lu, Shashaaaaaa…”, teriak Maya seraya mengejar gue.

Dibalik sendu karena kisah cintanya bersama si Ardy yang menurut gue kaya “BOCAH”, sebenarnya Maya adalah tipe sahabat yang sangat care dan perhatian sama gue dan Lulu, si wanita Solehah yang sejak dari pagi tak terdengar kabarnya. “eh, Sha…tumben si Lulu kagak ada kabarnya dari pagi, kemana dia?” tanya Maya sama gue. “iya kenapa tuh bocah tumben banget, biasanya jam-jam segini di grup WA udah banjir ceramah dia tuh wkwkwk…” ledek gua waktu itu. “gue takut dia jadi sesat deh, lu pernah dengar kan anak-anak yang suka ngaji tiba-tiba jadi tertutup dan menghilang gitu, Sha?” cemas Maya lagi. “gaklah, gue percaya si Lulu bukan type yang gampang terpengaruh gitu, paling juga dia lagi sibuk sama bisnis bukunya atau dia lagi kagak ada kuota, makanya belum ada kabar dari dia… positif aja dulu gak usah horror kaya gitu lah May, lebay lu… ngeri gue hahah”, tembal gue lagi seraya becanda guna mencairkan ke -MISTIS- an otak si Maya waktu itu.

Dari kecemasan gue dan Maya waktu itu, tiba-tiba sosok Lulu si wanita solehah itu menyapa via aplikasi WA, “Assalamualaikum Sha, May… lagi dimana kalian?”, pesannya waktu itu. “Kok lu gak jawab salam si Lulu, Sha?” tanya si Maya disaat dia tahu gue sudah membaca pesan WA di grup “TIGA WARNA” yang berisikan tiga orang itu. “udah biarin saja…salah sendiri baru nongol hahah”, respon gue sedikit tengil. “kasihan tahu, Sha…” jawab Maya lagi. “yaudah lu aja yang jawab, gue sih mau ngisengin dia aja dulu…biar dia merasakan apa yang tadi kita rasakan, CEMAS kan lu tadi?…hahaha”. iseng gue lagi. “iya sih, gue cemas banget tadi pas belum ada kabar dari dia. Yaudah kalau begitu…gue ikut lu aja buat ngisengin si Lulu hihi..”, jawabnya sedikit give up ngebujuk gue si gadis tengil berotak batu haha.

Tak terasa langit yang terang kini mulai meredup, tepat di jam 14.30 sore waktu itu, pesan WA dari sang karib sudah di angka 132 dengan pesan yang sama, “Sha, May kalian dimanaaaaa???” lengkap dengan emot bete di akhir pesannya itu. Gelak tawa tak sekalipun reda dari mulut gue dan Maya waktu itu. Bahkan, si ibu kantin yang sedari tadi merasa aneh melihat polah kami berdua disaat membaca pesan dari si Lulu sempat melempar nasihat alakadarnya, “Neng, jangan suka ngetawain orang atuh, pamali…ibu mah meni takut lihat Neng berdua ngakak kaya nu gelo begitu ih…awewe mah harusnya dijaga cara ketawanya jangan begituu…”, sahut Bu Onah, penghuni Kantin sekolah dengan logat Bandungnya yang masih kental. “iya Bu Onaaahh…lagian ngapain sih kepo dah hahaha…”, Sahut gue spontan. “Eeh, ari Neng Shasha teh suka begitu, pamali tahu dibilangin sama orang tua tuh nembal kaya begitu, entar kalau Neng Shasha digituin orang, bakal sedih heg…” lanjut Bu Onah lagi, “Iya Bu Onah, maaf si Shasha mah emang suka begitu…”, tembal Maya sambil nyubit paha kanan gue. “Adaaww…Maayy…sakiiiitttt”, lirih gue disaat si Maya menyadarkan ketengilan gue sama Bu Onah. “Huuss…udah diem!!” responnya lagi.

Hari semakin gelap, kantin sekolah yang tutup di jam 15.00 WIB setiap harinya, akan segera berakhir. Para siswa yang dari tadi menikmati aneka makanan dan minuman selepas bubaran sekolah, berlalu satu persatu meninggalkan keramaian guna menepi ketepian SORE-nya masing-masing. Sosok Lulu yang dari tadi belum sempat kami balas pesan WA nya, kini menyepi kembali, hilang bak ditelan bumi, tak ada kabarnya sama sekali. Bu Onah yang sempat nimbrung di gelak tawa kami tadi, kini mulai bebenah merapihkan dagangannya dengan telaten. Dari sepi yang saat ini kami rasakan, lelah mulai menyeruak sampai ke ubun-ubun, “May, gue BETE ah disini mulu, gue cabut ya…lelah nih…”, sahut gue sama Maya. “Lah, kok lo mau cabut sih Sha? Si Lulu ntar nyariin kita gimane?…”, respon Maya kala itu. “Iya sorry nih May, badan gue tiba-tiba kok lemes gini ya…gue pingin istirahat duluan ya…Byeeee”, tempas gue sama Maya sambil berlalu dan melaju bersama kuda besi lama gue, Si Vespa tua produksi 1963. “Shaaaaa…???” suara Maya terdengar parau memanggil gue yang mulai menghilang dari pandangannya, bersatu dengan angin sore kala itu.

Gue memang tipikal pribadi yang tengil, gemar menghangatkan suasana, banyak teman dan mudah bergaul. Namun, jauh di dasar hati gue yang paling dalam, gue merasakan sepi yang sebenar-benarnya sepi. Hidup berkecukupan bukan juga jaminan buat gue menikmati setiap helaan nafas dariNYA, rumah mewah dengan pasilitas WAH ternyata juga hanya mampu membisu disaat gue sendiri dan terkucilkan. Ibu dan Bapak gue hanya berbagi kabar lewat telephone, satu kali dalam seminggu itu jauh lebih baik rupanya, mungkin bagi mereka. Tapi, tidak buat gue, bahkan, saking sibuknya mereka, pernah suatu hari tak ada kabar yang menghangatkan jiwa gue yang sendiri, bahkan sekedar menyapa hari gue atau mengingatkan gue sudah makan atau belum, “Ah sudahlah…”, lirih gue disaat kondisi itu tak banyak berubah.

“Sha, lu baik-baik saja kan?” sapa Lulu si gadis solehah via aplikasi WA nya. “Sha, gue kaget banget dengar kabar lu dari si Maya, katanya kemarin sore, lu tiba-tiba gak enak badan dan mau istirahat gitu ya?” pesan WA dari si Lulu lagi. Tangan gue tak kuasa buat membalas setiap pesan dari sohib gue itu, bukan karena gue jahat, tapi karena kondisi gue memang benar-benar sedang ngeDrop, makanya gue izin kagak masuk sekolah. “Sha, kok lu Cuma nge-READ WA gue deh? Kenapa lu, Sha? Marah sama gue yah karena kemarin…kata Maya gue menghilang tak ada kabar gitu yah?” jelas Lulu lagi. “Kemarin gue ada bazar, Sha. Udah gitu ada perkumpulan teman-teman ngaji gue buat setor hapalan hadist gue setiap harinya. Bodohnya gue, kemarin gue lupa bawa charger. Al hasil, hape gue lowbat dan mati tiba-tiba. Gue udah jelasin semuanya sama Maya kok, maafin gue ya Sha…”, pinta Lulu dengan perasaan bersalahnya sama gue hihi… “TAPI KENAPA PAS W WA LU BERDUA DI GRUP, TAK SATUPUN DIBALES…COBA KALO LU BALES, SEBELUM HP W MATI, W BAKAL TAHU DIMANA POSISI LU BERDUA DAN CEPAT-CEPAT JUMP LU…HUUUHHH”, pesan terakhir si Lulu dengan tulisan yang di CAPS LOCK, menandakan dia lagi marah dan kesal juga karena polah tengil gue dan si Maya kemarin hahahah…

Yah, cuma si Maya dan Lulu yang mampu menghibur gue saat ini. Walau pada kenyataannya, gue pingin lebih dari itu, tapi gue gak tahu siapa yang mampu memberi kenyamanan dan kehangatan yang LEBIH itu. Menyinggung hubungan percintaan, si Maya jauh lebih senior dari kami bertiga, dia sudah mantap dengan pacar putus nyambungnya itu, Ardy, walau pas ada galaunya tetap dia bagi juga sama gue haha, dan sohib gue yang satu lagi, Lulu, kini tengah taaruf-an dengan seorang Ikhwan dari tempat ngajinya dia. “Nah gue apa kabaaaarrrr??? Hahaa…. Tak apalah, Tuhan tak akan pernah salah memilihkan jodoh buat gue someday, Amiiinn…”, lirih gue menguatkan bathin gue yang benar-benar meradang hahaha…

20190112_224225 “Assalamuaalaikum…Shaaa…”, suara salam menyapa dari bilik daun pintu rumah gue siang itu. “iyaa bentaaaarrr….” Teriak gue dari dalam. “wa..alai..kum…owhh” respon gue terhenti setelah gue tahu bahwa Reyhan, sang ketua OSIS yang datang ke tempat gue kala itu. “salaaammm…” suara Reyhan melanjutkan salam gue yang terhenti itu sambil tersenyum. “hmm…maaf Sha, gue gak ngasih kabar lu kalau gue mau kemari…hmm..tadi anak-anak banyak yang bilang kalau lu udah 2 hari ini kagak masuk sekolah yah…hmm makanya gue selaku ketua OSIS kayak punya tanggung jawab gitu buat jenguk lu, Sha.”, jelas lelaki jangkung dengan wajahnya yang rupawan itu. “Oh..iya Rey, gue cuma kecapean saja mungkin…karena lu bisa lihat sendiri kalau gue disini cuma sendiri…yah mungkin karena gue melakukan segala sesuatunya sendri, jadi gue ngeDROP gitu, Rey…hmmm..eh yaudah ayok masuk..sorriii berantakan”, jelas gue sedikit terbata-bata karena terkesima dan kaget atas lawatan sosok rupawan yang banyak digandrungi kaum hawa di sekolah gue. “lu mau minum apa Rey?” tanya gue sama Rey. “udaaah gak usah repot-repot, Sha. Lu kan lg kurang fit juga badannya…gampang kalau gue haus mah ntar juga gue ambil sendiri, boleh kan?” jawab Rey semakin membuat gue gugup tak karuan hahaha. “iya..iya…boleh…boleh kok…santai saja kaya di rumah lu aja Rey…” tempas gue lagi.

Setelah lawatan lelaki terganteng di sekolah gue waktu itu, gue spontan serasa punya tenaga lebih buat melakukan aktifitas seperti biasanya. Tidak ada lagi rasa sakit, bete, dan lelah disetiap hari-hari gue. Entah energi apa yang dia salurkan dalam tubuh gue, yang jelas gue sangat bahagia, dan merasa WAJIB bersolek kapanpun dan dimanapun, padahal sebelumnya hal itu tidak pernah gue lakukan. “Lu semua pada tahu sendiri kan kalau gue terbilang tengil, cuek, dan sedikit tomboy? Sekarang, berubah pake banget dan banget hahah…”. tanya gue pada lu semua yang lagi baca cerita gue ini hihi.

Setiap hari, setelah mandi pagi, gue selalu memilih baju seragam yang sudah rapih disetrika untuk dikenakan, rambut gue yang selalu ditutupi topi bermerek “NIKE” tak lagi gue pake guna menunjang penampilan gue yang mulai tersihir ramuan dari tempat antah berantah. Bibir gue, yang lumayan seksi, kini sedikit gue kasih gincu guna menunjukan sisi feminine gue. Bau badan yang biasanya tak beraromakan bunga-bungaan, kini semerbak tercium oleh semua orang yang gue lewati. Tak ada lagi Shasha yang tengil, Shasha yang tak terawat, cuek, dan tomboy itu. Sekarang, gue sudah benar-benar berubah menjadi pribadi baru yang tengah tersihir guna melupakan semua kepenatan dan kekosongan dalam jiwa gue. “Yah, gue berubah.” Celoteh spontan gue sama lu yang masih anteng membaca cerita gue ini hihi.

“Sha, serius ini loh?” respon Maya kaget. “Gue gak lagi mimpi kan? Atau keleyengan karena otak gue mabok hapalan hadist? Ini bener-bener lu kan, Shaaa???”, tambah karibku yang satu lagi. “sumpeh ya, dua hari lu sakit, lu berubah banget…cantik…wangi…wuiiiihhh..”, respon Maya lagi melihat penampilan gue kala itu. “siapa yang bisa ngebujuk lu pake gincu dan bedak, Sha? Terus itu topi khas lu kemana gak lu gunain lagi? Gue yakin, pasti ada yang gak beres sama lu, Sha…”, celoteh Lulu lagi. “aduuuhh guys, kalian itu gimana sih, gue dekil lu komentari, gue cantik…wangi…juga lu komentari…gue begini bukan karena ada yang kagak beres dalam diri gue, gue begini karena Rey…oppss”, jelas gue sama teman-teman gue seraya hampir keceplosan menyebutkan satu nama. “REY? Rey siapaaaa, Shaaaaa???” kompak teman-teman gue kaget sambil menyudutkan gue dengan pandangan mereka yang penuh dengan intimidasi. “Sssstttt…berisik banget kalian….jangan kenceng-kenceng bilang Rey nya, dodooool.” Bungkam gue sambil menggiring mereka guna menepi ke tempat yang jauh lebih steril dari jangkauan kuping-kuping yang lainnya. “ASTAGAAA!!!…Lu gak lagi HALU kan, Sha?” tanya Maya lagi setelah gue menceritakan semuanya. “Yaa Allah…gue kok seneng banget dengar kabar ini, Shaa..”, tempas Lulu mengakhiri adegan kaget-kagetannya dan berakhir dengan pelukan hangat kami bertiga kala itu.

Setiap pagi, gue selalu menyempatkan memburu senyuman Reyhan, sang ketua OSIS dari kejauhan. Sikapnya yang tegas dan berwibawa disaat memimpin organisasinya, semakin menguatkan posisi lelaki itu sebagai Arjunanya di sekolah gue kala itu. Sampai saat ini, gue masih tak mengerti dengan kondisi gue sendiri, karena kebiasaan gue yang amburadul ternyata mampu berubah 1800, bahkan, mungkin lebih dari itu. “Ah sudahlah, gue tak mengerti perasaan apakah ini?” gerutu hati gue kala itu.

Waktu memang tak selamanya menebar keindahan pelangi yang senantiasa hadir setelah hujan reda. Namun, ada kalanya dia akan merubah warna-warni pelangi itu menjadi langit yang gelap, mencekam dan bahkan menakutkan. Angin yang selalu berhembus sepoi pun tak selamanya memanjakan kita yang kegerahan, terkadang dia mengganas, melumat ceria menjadi sepi yang tak terbantahkan. Tepat di akhir masa sekolah gue waktu itu, perumpamaan yang selalu gue gambarkan itu seakan menjadi KARMA buat gue sendiri. Entah apa maksud dari semua skenarioNYA itu, yang jelas, gue benar-benar mulai bertanya sama diri gue sendiri, “Cinta ini buat siapa?” disaat pemuda yang gue gambarkan sempurna itu ternyata memilih “ber-ulah” memainkan perasaan gue dengan caranya sendiri.

“Hmmm, Sha, ini buat lu…”, suara khas itu, tepat berdiri didepan gue dengan menyodorkan sebuah kertas wangi bertuliskan “INVITATION CARD” yang ternyata nama yang tertulis di sepucuk kertas itu dialamatkan buat gue. Hening, dingin, kaku, cemas, dan penasaran, adalah gambaran dari posisi gue kala itu. Lelaki yang selama ini mampu menjadikan gue pribadi baru, dengan sendirinya menyodorkan sebuah kartu yang tertuliskan nama gue di kartu undangannya itu. Yah benar sekali, itu adalah kartu undangan pesta kelulusan yang dia bagi buat gue agar gue juga bisa hadir pas hari H-nya. “Huuuhhh…”.

Jauh-jauh hari gue menyusun strategi bersama kedua sohib gue itu, menceritakan jenis gaun, make up, dan printilan-printilan lain yang akan menunjang penampilan gue di private party nya Reyhan. Maya dan Lulu yang juga diundang ke party nya Reyhan itu juga gak kalah heboh menyiapkan segala sesuatunya sedini mungkin, “eh..lu berdua jangan lebay ya ntar dandan di partynya si Reyhan…jangn sok kecantikan pokoknya…”, ancam gue buat kedua sohib gue itu. “Diiiihhh….emangnya lu siapa sok-sok an ngatur kite berdua, iyakan Lu?” jawab Maya. “iyalah,,,gue juga pengen kali dandan cantik di party-nya Arjuna sekolah kita hahaha…” tambah Lulu sedikit tengil. Sebenarnya, gue tahu kedua sohib gue itu cuma becandain gue saja kala itu, secara si Maya akan datang bersama si Ardy, dan si Lulu juga akan datang bersama ikhwan si calon ustadz itu. “tenang saja Sha, pokoknya kita berdua akan support yang terbaik buat lu. Gak nyangka ya gue, lu diberi undangannya langsung dari tangan si Reyhan, sedangkan kita berdua cuma diundang melalui karibnya si Reyhan, yaitu si Anton bujang letoy dengan penampilannya yang cupu hahah…”, support Maya lagi buat gue dengan ending nya yang sumpah bikin gue dan si Lulu ngakak hahah….

Hari kelulusan pun datang, gue, Maya, Lulu, dan teman-teman seangkatanpun dinyatakan LULUS di perhelatan akbar pesta kelulusan sekolah gue kala itu, sorak, tangis, tawa, hiruk pikuk, menyeruak bersamaan kala itu. Namun, entah kenapa serasa ada yang hilang dari kegembiraan pesta kelulusan siang itu disaat Reyhan, lelaki yang selama ini mulai gue kagumi tak nampak hadir. Gue benar-benar merasakan ada yang kurang di momen penting dan sakral itu, disaat sebagian orang mulai mencoret-coret seragamnya, menyusun acara guna mengakhiri kebersamaan dengan suka cita, dan berpoto bersama guna mengabadikan momen yang tak akan terulang untuk kedua kalinya. Sesekali gue tengok ponsel jadul gue, dengan harapan ada ucapan selamat dari lelaki yang gue idolakan. Namun, ponsel gue tetap anteng tak ada tanda-tanda akan hadirnya pesan darinya, “huuuhhh” lirih gue kala itu.

Sha, kanapa lu?…” celoteh Maya penuh tanya. “Sha, lu sakit? Ini hari bahagia kita loohh..” tanya Maya lagi. “oh iya May, hmmm…gak..gue baik-baik saja kok haha…ah lu bisa aja ngagetin gue….” respon gue pada Maya guna mencairkan situasi kala itu karena sejujurnya gue gak mau merusak momen penting gue dan teman-teman lainnya karena masalah perasaan gue pribadi yang tengah dilanda galau. “ayoo…kita photo-photo lagi!” ajak gue tiba-tiba. Dengan senyum yang gue rekayasa sendiri, dengan keceriaan yang {PALSU} dari gue, beberapa jepretan photo full color pun dengan cepat saling berseliweran terkirim via WA, sosmed, dan applikasi kekinian lainnya. Namun, tepat di dasar hati, gue merasakan ada suatu rasa yang akan hilang untuk selamanya.

Belum sirna pirasat gue kala itu, tiba-tiba hiruk pikuk kelulusan kami terpaksa harus terjeda disaat pengeras suara mulai mendominasi, “Anak…anak! Mohon perhatiannya sebentaaaar!….hmmm…” suara Pak Kardi, kepala sekolah kami yang baik dan tegas terdengar sedikit emosional dan sedu sedan. “ada apa? Kenapa?” begitulah ribuan pertanyaan yang sama dilontarkan oleh kami disaat pengeras suara itu terdengar tak biasa. “Anak…anakku sekalian! Sebelumnya bapak ucapkan SELAMAT atas kelulusan kalian siang ini….” Ucap pak Kardi lagi. “bersamaan dengan hari berbahagia kalian ini, ada satu teman kita yang saat ini…tengah…hik…hikk..” lanjut Pak Kardi sedikit terbata-bata dan terhenti sambil menghela nafas panjang. “Reyhan…..hmmm…ketua OSIS kebanggaan sekolah kita hmmmm…” terjeda lagi. “KENAPA REYHAN PAAAAAKKKKK…..” suara lantang gue berteriak penuh emosional menanti kelanjutan sedu sedannya Pak Kardi kala itu. “Reyhan, hmmm..dia dikabarkan sudah meninggalkan kita untuk selamanya hik…hik…” jelas pak Kardi mengejutkan kami semua. Sementara, dari bilik pengeras suara itu terdengar juga tangis guru-guru lain yang mulai pecah meratapi kabar duka yang sangat tiba-tiba. “Innalillahi..wa innailaihi rajiuuunn…”begitulah respon spontan kami terkaget-kaget dan menjadi melankolis. Tangispun kini sudah benar-benar tidak mampu dibendung lagi, meratapi Arjunanya sekolah kami yang waktu itu dikabarkan pergi untuk selamanya karena suatu hal yang masih abu-abu. Sungguh, seisi sekolah itu tak kuasa menahan sedu sedannya, menangisi Reyhan yang terkenal baik, berprestasi, dan di idolakan oleh semuanya.

“Pak Kardi gak lagi bercanda kan , May? Pak Kardi bohongkan?” tangis gue pecah sejadi-jadinya.  “gue gak percaya, May…tolong bilang sama gue, ini semua bohong kan?….ini semua gak benar adanya kan?…tolong katakan sama gue, Maaaay!…tolong katakan sama guuee..hikk..hikk..” desak gue sambil menangis pada sohib gue itu. Seperti mengisyaratkan sesuatu, kedua sohib gue pun memeluk gue, bersamaan dengan yang lainnya, merasakan suasana sedu sedan yang tak berkesudahan. Merasakan kehilangan, merasakan kesedihan dan duka cita yang mendalam. “kalian gak percaya dengan kabar barusan kan May?…Lu?…” tanya gue sedikit lemas. Namun, mereka hanya mematung, diam dengan tangisannya yang meradang. Seolah-olah meng-IYA-kan berita duka yang berhasil mengalahkan keceriaan, dan huru hara dari pesta kelulusan sekolah kami kala itu

Dengan tergopoh-gopoh, dengan sisa tenaga yang gue miliki kala itu, gue berusaha menepi ke sebuah rumah yang tengah berbalut duka. Dari gerbang sebelah kanan dan kirinya berkibar bendera kuning bertuliskan nama Reyhan bin Slamet. Dari semua kerumunan orang-orang yang berduka, terdengar wanita setengah baya memanggil nama Reyhan dengan nampak kepedihan yang mendalam dan terus menangis sejadi-jadinya. Benar saja, wanita itu adalah ibunya Reyhan yang kabarnya sudah hampir 10 tahun meninggalkan Almarhum karena perceraian. Gue mencoba mendekat, mengamati raut wajahnya yang masih menyisakan jejak-jejak kecantikan, gue mencoba tersenyum padahal sebenarnya gue tak mampu. Gue mencoba menyapanya, mendekatkan chemistry dengannya, menahan pilu, mencoba menguatkan rapuhnya hati seorang ibu yang sedang kehilangan kala itu. Dia menyambut semua isyarat dari gue, dia mendekat, memeluk gue erat sekali, dia menumpahkan segala sesal tepat dipangkuan gue. Dengan tangisnya yang mendalam, gue pun hanyut dengan semua rasa yang sedari tadi gue tahan. “iya tante, saya menyayanginya…melebihi diri saya sendiri…dia yang menguatkan saya disaat saya dalam kondisi yang sangat menyedihkan…Namun, saya gak mampu melakukan sebaliknya hik hik…saya kehilangan dia, Tan….” Celoteh gue pada wanita itu.

Kini, misteri dari meninggalnya Reyhan sudah gue ketahui dari ibunya sendiri. Ternyata sudah hampir 3 tahun, Reyhan mengidap kanker otak stadium 4. Namun, Reyhan sosok yang pandai menyembunyikan segala dukanya, bahkan dia mampu menghibur orang lain yang sebenarnya jauh lebih sehat darinya. Yah, contohnya, dia mampu membangkitkan semangat gue buat menjalani kehidupan gue yang sebelumnya sepi. Entah kenapa dia begitu care sama gue waktu itu, menjenguk gue, menyemangati gue, merubah gue menjadi pribadi yang jauh lebih baik lagi, sampai akhirnya hampir setiap hari gue selalu betah memandangi pribadinya yang selalu berbagi tersenyum dan menyapa pagi gue. Bahkan, gue selalu kesal disaat sosoknya yang rupawan tak mampu hadir dalam bunga tidur gue hmmm…

Yah, dari bilik kamarnya yang bercat biru dengan lampunya yang temaram, gue mendapati nama gue yang ternyata ditulis indah tepat dilangit-langit kamarnya “SHASHA CANTIKA” dengan symbol LOVE berwarna merah muda menambah romantisnya langit-langit kamar Reyhan kala itu. Spontan, gue menangis haru bercampur bahagia, karena ternyata pertanyaan gue mengenai “CINTA INI BUAT SIAPA?” kini sudah benar-benar ada jawabannya.  “Yah, walau tempat gue dan Reyhan sudah benar-benar berbeda, gue akan selalu menyayanginya, mengaguminya, dan mendoakan yang terbaik untuk nya. Sekali lagi, selamat jalan Reyhan, sampaikan pada gue, kalau CINTA mu itu buat siapa? Biar nantinya, akan gue jawab disaat gue benar-benar lelap dalam tidur panjang gue, menemuimu menyapa sepi dari alam yang baru…” lirih gue sedikit lega seraya terus memandangi langit-langit kamar Reyhan dan terus menciumi kartu undangan darinya. “Huh…Reyhan…Reyan…”

Leave a comment